Kumpulan Kata-Kata Pepatah Sunda, Bugis, Jawa, dan Minang

oleh -
Kumpulan Kata-Kata Pepatah Sunda,Bugis,Jawa,dan Minang

Pernakah kamu mendengar kata Pepatah ? Apa pengertian Pepatah ? Dan Bagaimana sejarah pepatah di indonesia ? nah pada kesempatan kali ini saya akan membahas berbagai kumpulan kata-kata pepatah/Pribahasa dari berbagai daerah yaitu sunda,bugis,jawa dan sunda.

Tidak mengherankan kalau indonesia memiliki berbagai macam kata-kata pepatah/pribahasa di berbagai daerah karena memang indonesia terkenal dengan berbagai kebudayaan yang khas di setiap daerahnya terutama dalam bahasa.  di indonesia sendiri sudah sejak lama kumpulan kata-kata Pepatah/pribahasa Sunda,Bugis,Jawa,dan Minang hadir dalam bahasa khas masing-masing suku tersebut hal inilah yang membuat terciptanya berbagai kata-kata pepatah untuk mengugkapkan suatu hal, menjadi lebih bermakna dan bisa saja suatu sindiran.

Baca juga : Kata-Kata Bijak Najwa Shihab Yang Menginspirasi

Pengertian Pepatah (Pribahasa)

Pepatah’ merupakan jenis peribahasa yang berisi nasihat atau ajaran dari orang tua-tua. Pengertian pepatah adalah pribahasa yang mengandung nasihat atau ajaran dari orang-orang tua (biasanya dipakai atau diucapkan untuk mematahkan lawan bicara). Contoh:

Air tenang menghayutkan.(orang pendiam, tetapi berilmu banyak)
Berjalan pelihara kaki, berkata pelihara lidah. ( dalam melakukan suatu pekerjaan hendaknya selalu berhati-hati)

Sejarah Pepatah (Pribahasa) Di Indonesia

Pepatah atau pribahasa di indonesia sudah ada sejak lama, bahkan pada masa kerajaan, pepatah atau pribahasa selalu mengandung sebuah makna atau arti di dalamnya biasanya seperti sindiran atau nasehat.

Kemudian pepatah atau pribahasa merupakan sari-sari bahasa sebagai bumbu penyedap ketika sedang berkomunikasi. contoh saja jika kalian sedang gelisah atau galu kata-kata pribahasa bisa memberikan sedikit semangat untuk kamu agar tidak larut dalam suatu masalah.

Ciri -Ciri Pepatah (Pribahasa)

  1. Kata-kata yang berada didalam peribahasa adalah susunan yang sudah pasti dan tidak bisa diubah
  2. Peribahasa biasanya digunakan untuk menyindir atau juga bisa digunakan untuk memperindah bahasa
  3. Kata-kata dalam peribahasa biasanya teratur, enak jika didengar dan memiliki makna
  4. Peribahasa biasanya dibentuk atau diciptakan berdasarkan suatu pandangan dan perbandingan yang sangat teliti terhadap alam sekitar dan juga terhadap peristiwa-peristiwa yang terjadi dan berlaku dalam masyarakat
  5. Peribahasa dibentuk dan diciptakan dengan satu ikatan bahasa yang padat dan indah, sehingga peribahasa tersebut akan melekat di mulut masyarakat hingga turun temurun

Kumpulan Kata-Kata Pepatah Sunda,Bugis,Jawa,dan Minang

Untuk kamu yang ingin  tau bebagai kata-kata pribahasa atau pepatah dari beberapa daerah di indonesia berikut adalah Kumpulan Kata-Kata Pepatah Sunda,Bugis,Jawa,dan Minang

ContohPepatah Bugis

Berikut ini adalah  kumpulan pepatah bugis :

  • Agana ugaukengngi, pakkadang teppadapi, nabuwa macenning Artinya adalah hatiku ingin sekali memilikinya, namun aku tak memiliki kemampuan lebih untuk bisa memilikinya.
  • Iyyaro mai melleku, tapada mamminanga, tasiyalla buang Artinya adalah mari kita menjalin hubungan baik antar sesama, supaya cita-cita kita bisa tercapai.
  • Laoko kuturutokko, kupabokongitokko; nyameng kininnawa Artinya, dengan sepenuh hati dan segenap jiwa, saya antarkan engkau ke pulau idaman.
  • Teyawa naparampaki, tedung makape-kape tenna pacinaongi Artinya, saya tidak akan menumpahkan kasih sayang kepada seseorang yang tidak bisa bertanggung jawab.

Contoh Pepatah Jawa

Berikut ini adalah  kumpulan pepatah Jawa :

  • Gusti iku sambeten naliko sira lagi nandhang kesangsaran, Pujinen yen sira lagi nampa kanugrahaning Gusti. Pepatah ini memiliki arti, mohonlah apa yang kau resahkan kepada Allah, dan ucapkan pujo syukur jika kau sedang mendapat anugerah dari-Nya.
  • Gusti Allah mboten sare Singkat namun memiliki arti yang cukup mengena, yaitu, Allah tidak pernah tidur.
  • Kegedhen empyak, kurang cagak Memiliki arti, Keinginan atau mimpi yang tinggi, namun tidak memiliki keahlian yang unggul.

ContohPepatah Sunda

Berikut ini adalah  kumpulan pepatah sunda :

  • Pondok jodo panjang baraya Artinya, rasa persaudaraan harus tetap dijaga
  • Kudu nepi memeh indit Sesuatu yang penting harus didahulukan
  • Nimu luang tina burang Semua kejadian pasti ada hikmahnya, selalu berpikir positif

Contoh Pepatah Minang

Berikut ini adalah  kumpulan pepatah Minang :

  • Lamak dek awak, ketuju dek urang Memiliki makna tenggang rasa yang berarti memiliki kesamaan yang enak bagi diri kita dan orang lain.
  • Nana kuriak, iyolah kundi Artinya, yang burik, ialah seorang kundi.
  • Alun dimakan lah taraso Artinya, belum dimakan saja sudah terasa.

Nah itulah Kumpulan Kata-Kata Pepatah Sunda,Bugis,Jawa,dan Minang, indonesia memang sudah terkenal dengan berbagai jenis suku dan budaya yang beragam, semoga dengan kumpulan kata-kata pepatah dalam berbagai bahasa daerah ini bisa menambah wawasan kita semua.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *